Digital Agency Jombang – Berapa jumlah karakter maksimum untuk meta description di SEO? Ini sudah menjadi satu pertanyaan yang lumrah bagi para praktisi SEO pemula terutama yang sedang mempelajari bagaimana strategi digital marketing dengan SEO yang bagus. Nah pengen tau apa jawabannya? Yuk kita bahas secara detail.
Apa Itu SEO?
SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang merupakan praktik untuk mengoptimasi kualitas konten dari berbagai sisi agar website muncul di hasil pencarian ketika calon pengunjung mencari istilah tertentu di mesin pencari.
Tujuannya adalah mendapatkan lebih banyak traffic organik ke website, yang bisa didapatkan apabila website mendapatkan posisi tinggi di mesin pencari. Ada beberapa jenis SEO, termasuk ON-page SEO, OFF-page SEO, Technical SEO, dan Local SEO.
On-page SEO: Di sini, Anda mengoptimasi konten menggunakan kata kunci tertentu yang relevan dengan konten Anda. Kata kunci ini dimasukkan secara alami dalam konten dan menjadi kerangka berpikir utama saat Anda membuatnya. Ketika calon pengunjung mengetikkan kata kunci tersebut di mesin pencari, konten Anda akan muncul di halaman hasil pencarian.
Off-page SEO: Fokus pada link building dan influencer marketing. Ini melibatkan upaya untuk memperoleh backlink resmi dari situs lain dan membangun profil bisnis Anda di media sosial.
Technical SEO: Berkaitan dengan aspek teknis website, seperti kecepatan website, schema markup, dan sertifikat SSL.
Local SEO: Mengoptimasi kata kunci lokal agar website Anda muncul dalam hasil pencarian yang relevan dengan lokasi geografis.
Apa yang dimaksud dengan meta deskripsi?
Sementara untuk Meta Description sendiri lebih mengarah ke ON Page SEO, dimana proses penerapannya dilakukan melalui bagian dalam website. Lantas apa yang dimaksud dengan meta deskripsi? Nah, meta deskripsi ini adalah teks singkat yang biasa terlihat di bawah judul halaman ketika melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu di halaman mesin pencari.
Sebagai contoh, ketika anda mengetikkan kata kunci “Cara Membangun Link Building yang Bagus Untuk SEO” di hasil pencarian, anda akan melihat kalimat pendek di bawah judul halaman yang memberikan gambaran tentang apa isi dari halaman sebelum anda memutuskan untuk mengklik atau mengunjungi website tersebut.
Meta deskripsi yang baik pastinya akan membuat orang lebih tertarik untuk mengklik halaman atau website, meningkatkan jumlah kunjungan ke situs dari hasil pencarian Google, dan membuat pengalaman berbagi di media sosial menjadi lebih menarik. Jadi, ketika anda menulis artikel SEO, tugas menulis meta deskripsi jatuh ke tangan anda. Pastikan meta deskripsi memiliki karakteristik yang baik, seperti panjang yang pas, unik, mengandung kata kunci, sesuai dengan apa yang dicari orang, dan akurat dalam menggambarkan isi halaman web.
Baca juga: Rekomendasi Tools Backlink Checker Gratis
Berapa panjang Meta Description?
Panjang ideal untuk meta description adalah sekitar 155-160 karakter. Jika terlalu pendek, Anda mungkin tidak memberikan informasi yang cukup untuk meyakinkan pengguna mengklik. Jadi, pastikan deskripsi Anda singkat, jelas, dan menarik, dan hal yang tidak kalah penting, pastikan jika di dalam meta description tersebut sudah sudah mewakili isi pembahasan di dalam artikel/tulisan agar pengunjung nantinya merasa mendapatkan apa yang dicari dari website anda. Hal ini juga akan menjadi satu nilai plus dari google, karena aktivitas pengunjung di dalam sebuah website juga menjadi faktor penentu kualitas website anda di mata google.
Lantas, sudahkah website anda menggunakan meta deskripsi yang tepat? Yuk belajar lebih dalam lagi mengenai SEO bersama Lantaran Digital.