ALL MENU

Cara Promosi di Youtube Untuk Digital Marketing

Digital Marketing Jombang – Youtube merupakan salah satu platform yang saat ini cukup populer. Tidak hanya menjadi tempat mencari video hiburan untuk ditonton, namun youtube juga kerap menjadi platform review produk untuk mencari referensi produk berkualitas. Dari sinilah peluang bagi para digital marketing untuk mempromosikan produk/jasa yang ditawarkan.

Promosi produk/jasa via youtube pastinya berbeda dengan platform lainnya, dimana seperti yang kita ketahui, youtube merupakan platform khusus konten video yang menuntut para penggunanya untuk dapat menciptakan konten video yang relevan agar memperoleh  view dan subscribe. Lantas bagaimana cara mempromosikan produk/jasa via youtube dalam digital marketing? Yuk kita bahas lebih detail.

Apa Itu Youtube?

YouTube adalah platform berbagi video yang sangat populer di seluruh dunia. Didirikan pada tahun 2005 oleh tiga mantan karyawan PayPal, YouTube memungkinkan pengguna untuk mengunggah, menonton, dan berbagi video secara gratis. Platform ini menawarkan berbagai macam konten, termasuk video musik, vlog, tutorial, film pendek, acara TV, video edukasi, dan banyak lagi. YouTube juga memiliki fitur seperti komentar, like, subscribe, dan notifikasi yang memungkinkan interaksi antar pengguna.

Selain sebagai platform hiburan, YouTube juga digunakan sebagai alat edukasi dan pemasaran. Banyak individu dan perusahaan yang memanfaatkan YouTube untuk berbagi pengetahuan, mempromosikan produk, atau membangun merek pribadi. Google mengakuisisi YouTube pada tahun 2006, yang semakin memperkuat posisinya sebagai salah satu situs web paling penting di internet.

Cara Membuat Promosi Digital Marketing via YouTube

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat promosi digital marketing yang efektif melalui YouTube

1. Manfaatkan Topik yang Banyak Dicari

Salah satu cara untuk menarik perhatian audiens adalah dengan membuat konten yang relevan dan banyak dicari. Lakukan riset kata kunci untuk mengetahui topik yang sedang tren dan sesuai dengan niche Anda. Alat seperti Google Trends dan YouTube Search dapat membantu Anda menemukan topik yang populer.

Baca Juga: Apa Itu SEO dalam Digital Marketing?

2. Gunakan Alat Promosi Gratis di YouTube

YouTube menyediakan berbagai alat promosi gratis yang bisa dimanfaatkan, seperti YouTube Analytics, YouTube Studio, dan fitur penjadwalan. Alat-alat ini memungkinkan Anda untuk melacak performa video, mengatur jadwal publikasi, dan mengoptimalkan konten agar lebih mudah ditemukan oleh audiens.

3. Buat Postingan di Community

Fitur Community di YouTube memungkinkan Anda berinteraksi dengan penonton secara lebih personal. Gunakan fitur ini untuk membuat postingan, polling, dan berbagi konten eksklusif. Interaksi yang aktif dengan audiens dapat meningkatkan engagement dan loyalitas penonton.

4. Amati, Tiru, dan Modifikasi

Pelajari strategi dari channel lain yang sudah sukses. Amati konten apa yang mereka buat, bagaimana mereka berinteraksi dengan penonton, dan strategi promosi yang mereka gunakan. Tiru metode yang sesuai dengan brand Anda, lalu modifikasi agar lebih unik dan menarik.

5. Isi Profil Channel Anda

Profil channel yang lengkap dan menarik dapat meningkatkan kepercayaan penonton baru. Pastikan Anda mengisi semua informasi penting seperti deskripsi channel, link ke sosial media, dan informasi kontak. Gunakan gambar profil dan banner yang profesional untuk memberikan kesan pertama yang baik.

6. Buat Intro dan Outro Video

Intro yang menarik dan outro yang informatif dapat meningkatkan kualitas video Anda. Intro yang singkat namun menarik dapat membuat penonton ingin menonton lebih lama, sedangkan outro yang baik dapat mendorong mereka untuk mengambil tindakan seperti subscribe atau menonton video lainnya.

7. Berikan Deskripsi Video yang Menarik

Deskripsi video yang baik dapat membantu video Anda lebih mudah ditemukan di mesin pencari. Sertakan kata kunci yang relevan, jelaskan isi video secara singkat, dan tambahkan link yang relevan. Jangan lupa untuk mengajak penonton berinteraksi dengan memberikan pertanyaan atau ajakan di akhir deskripsi.

8. Buat Video Anda Terlihat Menarik

Thumbnail dan judul video adalah hal pertama yang dilihat oleh penonton. Pastikan thumbnail Anda menarik dan mencerminkan isi video dengan jelas. Gunakan judul yang menarik perhatian dan mengandung kata kunci yang relevan. Investasi dalam kualitas visual dan audio juga penting untuk mempertahankan penonton.

9. Kolaborasi dengan Channel Lain

Kolaborasi dengan channel lain dapat membantu Anda menjangkau audiens baru. Pilih channel yang memiliki niche yang mirip atau relevan dengan Anda. Kolaborasi bisa berupa pembuatan konten bersama, shoutout, atau giveaway. Ini dapat meningkatkan visibilitas dan kredibilitas channel Anda.

10. Manfaatkan Call-to-Action (Like, Share, dan Subscribe)

Jangan ragu untuk meminta penonton melakukan tindakan seperti like, share, dan subscribe. Call-to-action yang efektif dapat meningkatkan engagement dan jumlah subscriber. Sebutkan ajakan ini di awal dan akhir video, serta dalam deskripsi video.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memaksimalkan potensi YouTube sebagai platform promosi media promosi digital dan e marketing. Selalu perbarui strategi Anda sesuai dengan tren dan feedback dari penonton untuk mencapai hasil yang optimal. Mempromoskan chanel youtube juga bisa dengan mengkombinasikannya bersama Google Ads dengan proses yang instan. Namun sayangnya, menggunakan Google Ads membutuhkan anggaran, maka dariitulah sebaiknya pelajari lebih dalam mengenai strategi Google Ads yang tepat sasaran.

Miftahul Huda Nuruddin
Miftahul Huda Nuruddin

"Bagaimana aku akan takut dengan kemiskinan, sedangkan aku adalah hamba dari Yang Maha Kaya." πŸ“Œ
"Orang yang baik bermanfaat untuk orang lain itu jauh lebih baik, daripada orang yang baik akan tetapi bermanfaat hanya untuk dirinya sendiri." πŸ“Œ
"Belajarlah! Karena tidak seorangpun yang dilahirkan dalam keadaan berilmu." πŸ“Œ

Articles: 40
×