Jasa Digital Agency – Bagi yang bergelut di dunia bisnis atau sudah memegang banyak proyek pasti tidak asing dengan analisis SWOT. Iya, analisis ini tak jarang digunakan untuk mengetahui sejauh mana bisnis sudah dijalankan.
Meski penting dalam sebuah bisnis, namun belum banyak yang tahu mengenai analisis ini. Dalam artikel ini akan dibahas lebih dalam mengenai analisis SWOT.
Pengertian Analisis SWOT
Analisis SWOT sendiri berasal dari singkatan strength artinya kekuatan, weaness artinya kelemahan, opportunities artinya kesempatan dan threats artinya ancaman.
Dengan begitu dapat ditarik kesimpulan analisis SWOT adalah teknik perencanaan strategi atau penyelesaian masalah yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari khususnya untuk bisnis atau proyek.
Dalam pengaplikasiannya, metode ini menekankan pada peran faktor internal dan eksternal. Hal tersebut bertujuan agar bisa efektif dalam menyusun strategi atau merencanakan ide.
Dilansir dari laman gramedia.com, analisis ini pertama kali dikenalkan oleh Albert S. Humphrey pada tahun 1960an. Pada saat itu ia menginisiasi sebuah proyek penelitian yang dikerjakan oleh Stanford Reserch Institute. Sejak saat itu, analisis SWOT mulai dikenal dan cukup populer dikalangan pebisnis. Metode analisis ini digunakan untuk menumbuhkan sekaligus mengembangkan perusahaan dan bisnis mereka masing-masing.
Komponen Utama Analisis SWOT
Setelah mengetahui pengertian Analisis SWOT, sangat penting mengetahui lebih dalam mengenai komponen-komponen utama analisis SWOT. Berikut penjelasannya.
1. Strength atau Kekuatan
Komponen yang pertama dari SWOT adalah strength atau kekuatan. Dari komponen ini kita dapat melihat seberapa jauh faktor yang menjadi kekuatan dalam bisnis atau proyek yang sedang kita kerjakan. Dengan mengetahui komponen ini, maka diharapkan bisnis atau proyek yang sedang digarap bisa kuat.
2. Weakness atau Kelemahan
Komponen selanjutnya adalah weakness atau kelemahan. Dari komponen ini kita bisa melihat seberapa jauh faktor yang akan menjadi kelemahan dalam bisnis atau proyek yang sedang dikerjakan oleh kita.
3. Opportunities atau Peluang
Adapun komponen ketiga analisis SWOT adalah opportunities atau peluang. Dari komponen ini kita bisa melihat seberapa jauh faktor yang bisa menjadi peluang dalam bisnis atau proyek yang sedang dikerjakan oleh kita.
4. Threats atau Ancaman
Sedangkan komponen analisis SWOT yang terakhir adalah Threats atau ancaman. Dari komponen ini kita bisa melihat sejauh mana faktor yang menjadi ancaman dalam bisnis maupun proyek yang sedang kamu kerjakan.
Tujuan dari Analisis SWOT yang Penting Diketahui
Setelah mengenal pengertian dan komponen-komponen yang ada pada analisis SWOT. Kamu juga perlu mengetahui apa tujuan dari analisis ini. Berikut adalah tujuan SWOT yang penting diketahui.
1. Untuk Mengetahui Posisi Perusahaan di Tengah Persaingan
Tujuan pertama dengan menggunakan analisis SWOT adalah untuk mengetahui posisi perusahaan di tengah persaingan bisnis. Dengan menggunakan metode inj, maka sesuatu yang sudah disusun dengan pertimbangan faktor kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman bisa berguna untuk mengetahui posisi perusahaan.
Selain itu kamu juga dapat melihat perusahaan kompetitor yang ikut bersaing di tengah pasar. Dengan metode ini kamu juga dapat menganalisis perusahaan kompetitor agar dapat mengalahkannya dalam persaingan pasar yang nyata.
2. Memudahkan Pemetaan Faktor yang Penting
Tujuan menggunakan metode ini yang selanjutnya adalah dapat memudahkan dalam mengetahui pemetaan faktor yang penting. Dengan menggunakan analisa ini kamu dapat mengetahui apa saja faktor kekuatan dan kelemahan. Selain itu kamu juga dapat mengetahui faktor eksternal yang berada di luar perusahaan misalnya kesempatan dan berupa ancaman.
3. Agar Perusahaan Bisa Berkembang Lebih Pesat
Tujuan selanjutnya adalah agar dapat mempermudah perusahaan lebih berkembang. Hal tersebut dikarenakan perencanaan yang matang dengan memperhatikan empat komponen yang penting bisa memungkinkan perusahaan berkembang lebih pesat.
4. Dapat Memperbaiki Sejak Dini Masalah yang akan Timbul
Tujuan keempat dari metode analisis ini adalah bisa memperbaiki sejak dini kemungkinan masalah yang akan timbul. Selain masalah, metode ini juga bisa mengetahui mengetahui kekurangan dari perusahaan. Dengan analisis SWOT, kamu bisa melihat lebih jeli kemungkinan masalah atau ancaman yang bisa datang di kemudian hari.
5. Sangat Membantu Memudahkan Mengambil Sebuah Keputusan
Adapun tujuan terakhir dari metode SWOT adalah sangat membantu memudahkan mengambil sebuah keputusan saat menjalani bisnis di sebuah perusahaan.
Dengan melibatkan 4 komponen penting dari analisis SWOT yakni kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil setiap keputusan. Misalnya saat akan membuka toko baru, memberikan harga diskon pada barang hingga menciptakan produk baru.
Baca Juga: Strategi untuk Meningkatkan Penjualan dan Mengoptimalkan Omzet
Cara Menggunakan Analisis SWOT
Bagi yang masih penasaran bagaimana cara menggunakan analisis SWOT, begini cara penggunanya.
1. Membuat Pertanyaan dari Masing-Masing Komponen
Cara menggunakan metode ini yang pertama kali harus dilakukan adalah membuat pertanyaan dari masing-masing komponen sesuai dengan bisnis kamu. Berikut contoh yang bisa kamu ikuti.
- Strength: Di mana tim digital marketing, respons pelanggan di media sosial, strategi yang membuat aktivitas digital marketing sebelumnya berhasil serta kelebihan dari bisnis kamu.
- Weakness: apa kekurangan tim digital marketing, faktor kerugiannya apa saja, apa respons negatif dari konsumen di media sosial serta beberapa faktor internal pada bisnis.
- Opportunities: apa saja perkembangan tren, acara apa untuk meningkatkan engagement serta apa saja kebutuhan pelanggan.
- Threats: lihat kompetitor, apa saja perkembangan teknologi pemasaran yang masif, lihat perilaku konsumen, apa saja masalah dan solusinya dalam bisnis.
2. Diskusikan Bersama Tim
Jika sudah menyusun pertanyaan, selanjutnya adalah diskusikan bersama tim digital marketing untuk menemukan jawabannya. Hal tersebut bertujuan agar mendapatkan perspektif berbeda mengenai 4 komponen tersebut yang kemungkinan besar akan dihadapi pada bisnismu.
3. Lakukan Langkah Strategi Analisi SWOT
Setelah didiskusikan, langkah selanjutnya adalah mengkombinasikannya.
- Kombinasi antara Strength dan Opportunity yang berarti bisnis akan memiliki kekuatan serta peluang yang besar hingga bisa menggunakan digital marketing yang agresif.
- Kombinasi Strength dan Threat yang berarti bisnis mempunyai faktor internal yang sangat kuat, namun ancaman eksternal juga tidak kalah kuatnya. Adapun pilihan strateginya diferensiasi digital marketing. Hal tersebut bertujuan agar bisnismu semakin menonjol dan lebih unik.
- Kombinasi Weakness dan Threat yang artinya bisnismu akan memiliki kelemahan dan akan mendapatkan ancaman. Dengan demikian kamu harus memanfaatkan strategi yang aman agar bisa mengurangi kelemahan tersebut.
- Kombinasi Weakness dan Opportunity artinya bisnismu mempunyai kelemahan namun masih punya peluang besar untuk mendapatkan kesuksesan.
Kesimpulan
Analisis SWOT sangat bagus digunakan untuk kamu yang sedang membangun bisnis atau proyek. Komponen penting di dalamnya bisa membantu meningkatkan penjualan dan mengatasi masalah atau ancaman.
Itulah pengertian analis SWOT hingga cara menggunakannya. Dengan mengetahui mengenai metode tersebut, diharapkan bisnis atau proyek yang sedang kamu bangun bisa sukses dan bisa mengatasi masalah atau ancaman sejak dini.
Bagi kamu yang masih bingung mengenai analisis SWOT, tak perlu khawatir. Pasalnya Lantarandigital.co.id siap membantu dengan memberikan jasa pembuatan landing page yang dapat membantu menaikkan penjualanmu.