Digital Marketing – Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, kini berjualan tak harus membuka lapak. Lebih dari itu kini berjualan sudah bisa dilakukan secara online. Selain tidak membutuhkan tempat yang banyak, berjualan secara online juga dinilai lebih efisien.
Meski demikian, tantangan berjualan online juga tak mudah. Masih banyak yang masih bingung untuk mendapatkan penjualan banyak setiap harinya. Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan online adalah dengan menggunakan jasa influencer marketing. Sayangnya, jarang yang tahu apa itu influencer marketing.
Pengertian Influencer Marketing
Selain digunakan untuk hiburan, kini media sosial sering digunakan untuk berjualan atau berbisnis. Bahkan tak jarang artis pun memanfaatkan media sosial untuk berjualan produk mereka.
Selain itu kini orang-orang yang mempunyai folowers atau pengikut banyak selalu dijadikan influencer. Tak jarang mereka juga mendapatkan tawaran endorse untuk mempromosikan suatu barang milik orang lain.
Dalam arti lain, influencer yakni seseorang yang mempunyai kekuatan untuk memengaruhi orang lain. Biasanya influencer dari kalangan artis, youtube maupun penggiat media sosial yang pengikutnya jutaan.
Sedangkan dilansir dari laman gramedia.com, influencer marketing adalah salah satu strategi pemasaran sebuah perusahaan dengan cara mengajak influencer untuk bekerja sama. Dengan tujuan untuk meningkatkan brand awarness sekaligus meningkatkan penjualan sesuai dengan target yang sudah ditentukan.
Influencer marketing sendiri termasuk ke dalam native ada yakni konten berbayar yang menampilkan bentuk, kualitas dan fungsi yang menarik dengan konten organik yang dibuat media promosi lainnya. Salah satu contoh influencer marketing adalah endorse.
Biasanya hasil kerja samanya bisa bervariasi, tergantung dari keahlian influencer itu sendiri. Selain disebut sebagai influencer, mereka juga sering disebut key opinion leader.
Jenis-Jenis Influencer
Setelah mengetahui pengertiannya, penting juga mengetahui jenis-jenis influencer. Dilansir dari laman revou.co, setidaknya ada 4 jenis influencer yakni sebagai berikut:
1. Mega Influencer
Pertama adalah mega influencer yang biasanya dari golongan artis, musisi, publik figure maupun atlet. Biasanya mega influencer mempunyai jumlah folowers di atas satu jutaan sehingga jika menggunakan influencer marketing ini bisa mendapatkan benefit yang sangat luas. Untuk menggunakan jasa ini, biasanya memiliki rate card yang tinggi sehingga biayanya akan lebih banyak dibanding influencer lain.
2. Macro Influencer
Kedua adalah macro influencer yakni orang yang ahli atau sudah kama fokus pada niche atau jenis tertentu. Biasanya mempunyai folowers antara 100 ribuan hingga 1 juta. Mereka menawarkan pendekatan yang lebih bertarget, hal tersebut karena audiens mereka biasanya mempunyai minat yang sama.
Baca Juga: Panduan Cara Menggunakan Meta Ads Automation yang Benar
3. Micro Influencer
Selanjutnya adalah micro influencer yakni influencer yang baru saja naik daun. Biasanya mereka mempunyai jumlah folowers 10 ribu hingga 100 ribu. Selain itu biasanya mereka dikenal di satu platform media sosial. Seorang micro influencer juga biasanya sering membuat konten yang kreatif, selalu berinteraksi dengan audiens dan jika menggunakan jasa ini biayanya lebih rendah.
4. Nano Influencer
Adapun yang terakhir adalah nano influencer yakni influencer yang followers nya kurang dari 10 ribu. Namun mereka sering kali mempunyai hubungan yang kuat dengan followers karena kontennya yang menarik. Mereka sangat cocok untuk bisnis jika ingin menargetkan komunitas dengan biaya sangat terjangkau.
Manfaat Menggunakan Influencer Marketing
Setelah mengetahui pengertian influencer marketing, kini sangat penting mengetahui manfaat menggunakan influencer marketing. Adapun manfaatnya antara lain sebagai berikut:
1. Pasar Terjangkau Menjadi Luas
Manfaat yang pertama menggunakan influencer marketing adalah bisa membuat pasar terjangkau menjadi lebih luas. Seperti yang sudah disebutkan di atas, influencer marketing biasanya dari kalangan artis, YouTuber maupun pengguna media sosial yang pengikutnya jutaan.
Dengan bekerja sama bareng influencer marketing, tentunya produk atau jasa yang kamu tawarkan akan terjangkau luas. Pasalnya setiap influencer selalu mendapatkan like, Share, coment dan penonton yang banyak hingga jutaan.
Bayangkan saja, jika produk yang kita jual kemudian dipromosikan oleh seorang influencer, maka berapa juta orang yang akan melihat produk kita. Maka dengan menggunakan jasa influencer marketing, produk atau jasa yang kita tawarkan akan terjangkau luas.
2. Lebih Dekat dengan Konsumen
Biasanya seorang influencer akan mempromosikan produk dengan membuat video. Dengan cara tersebut, tentu terasa lebih dekat dengan konsumen. Sehingga audiens yang menonton video influencer pun merasa tertarik dengan produk kita.
Dengan cara tersebut tentu mendapatkan penjualan yang banyak bukan suatu hal yang mustahil. Selain itu produk kita juga bisa menjadi langganan bagi influencer. Bagaimana sangat menarik, bukan?
3. Membangun Kredibilitas dan Kepercayaan
Manfaat selanjutnya adalah bisa membangun kredibilitas dan kepercayaan. Pasalnya seorang influencer biasanya memiliki hubungan yang baik dan dipercaya oleh pengikutnya. Ketika mereka merekomendasikan sebuah produk, tentu bisa meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan konsumen pada brand kita.
Selain itu dampak positifnya akan semakin terasa jika kamu memilih influencer yang mempunyai niche atau audiens yang sesuai dengan bisnis produk yang ditawarkan. Kemungkinan penjualan laku besar sangat terbuka lebar.
4. Target Audiens Menjadi Lebih Tepat
Manfaat selanjutnya menggunakan influencer marketing adalah target audiens menjadi lebih tepat. Bukan tanpa alasan, pasalnya dengan menggunakan jasa tersebut kamu dapat menjangkau audiens lebih spesifik dan relevan.
Misalnya jika produk yang kamu jual adalah kosmetik, maka kamu bisa bekerja sama dengan influencer yang selalu membahas kosmetik. Dengan cara tersebut maka target audiens menjadi lebih tepat dan peluang untuk mendapatkan orderan banyak terbuka lebar.
5. Mendapatkan Feedback dan Insight yang Lebih Real
Manfaat menggunakan influencer yang terakhir adalah bisa mendapatkan feedback dan insight yang lebih real dari konsumen.
Pasalnya influencer sering kali menerima feedback secara langsung dari para pengikutnya mengenai produk yang dipromosikan. Dengan begitu, selain sebagai media promosi, seorang influencer juga bisa menjadi sumber informasi yang valid mengenai produk kamu yang diterima oleh para konsumen. Selain itu kamu juga bisa tahu area mana saja yang bisa ditingkatkan untuk menyempurnakan produkmu.
Kesimpulan
Influencer marketing adalah orang yang mempromosikan jualan atau jasa. Cara ini bisa kamu gunakan untuk meningkatkan penjualan. Selain itu peluang orang-orang mengetahui produk yang kamu tawarkan juga sangat besar.
Itulah pengertian influencer marketing hingga manfaatnya. Dengan menggunakan jasa tersebut, maka kemungkinan kamu menghasilkan penjualan yang banyak sangat terbuka lebar.
Selain influencer marketing, peningkatan penjualan di media sosial juga bisa dipengaruhi oleh pengelolaan media sosialnya. Bagi kamu yang sedang mencari jasa kelola media sosial, Lantarandigital.co.id adalah pilihan yang tepat.
Kami siap membantu kamu menaikkan trafik media sosial hingga mendapatkan orderan yang banyak. Dengan menggunakan jasa kami, media sosial yang digunakan untuk berbisnis pun akan lebih menarik dan tentunya bisa membuat orang penasaran dengan produk yang kamu tawarkan.