Jasa Digital Marketing Agency Jombang – Bagi para pebisnis online, pasti tidak asing dengan istilah SEO dan SEM. Iya, keduanya merupakan strategi optimasi website untuk mendapatkan posisi terbaik dihasil pencarian Google.
Meski demikian, keduanya mempunyai perbedaan yang jarang diketahui. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai perbedaan SEO dan SEM yang tidak banyak orang ketahui.
Pengertian SEM
Sebelum mengetahui perbedaan SEM dan SEO, alangkah lebih baiknya mengetahui pengertian dari keduanya. Berdasarkan laman telkomuniversity.ac.id SEM adalah sebuah taktik marketing yang melibatkan marketer untuk mengoptimalkan dan mengiklankan web yang sudah dibangun.
Selain itu SEM juga merupakan bentuk lain dari internet marketing. Di mana promosinya melibatkan web untuk meningkatkan visibility dan SERPS. SEM sendiri merupakan akronim dari Search Engine Marketing.
Pengertian SEO
Seperti SEM, SEO juga merupakan akronim dari Search Engine Optimization. Dilansir dari laman gramedia.com, SEO merupakan optimasi mesin pencarian.
Secara sederhana SEO dapat dijelaskan dengan cara seseorang untuk melakukan optimasi bagi sebuah situs agar dapat muncul di bagian paling atas mesin pencari. SEO sendiri juga termasuk bagian dari SEM.
Perbedaan SEO dan SEM yang Jarang Diketahui
Setelah mengetahui pengertian dan bisa membedakan apa itu SEO dan SEM, sekarang penting mengetahui perbedaannya. Karena meski sama-sama sebuah strategi marketing, ternyata SEM dan SEO mempunyai perbedaan.
Penasaran apa saja perbedaan SEO dan SEM? Berikut ini beberapa perbedaan SEO dan SEM yang jarang diketahui orang.
1. Hasil SEM Jauh Lebih Cepat daripada SEO
Perbedaan SEO dan SEM yang pertama terletak dari kecepatannya. Pasalnya saat SEM dipasang, ia tidak langsung muncul seketika setelah memasang iklan. Hal tersebut tetap membutuhkan proses serta persaingan dengan pemasang iklan yang lain. Namun cara SEM jauh lebih cepat dibanding menggunakan cara SEO.
2. SEM Berbayar Sedangkan SEO Gratis
Selanjutnya adalah dari segi harga, di mana SEM berbayar sedangkan SEO bisa digunakan secara gratis. Bagi kamu yang mempunyai dana terbatas namun ingin mengoptimalkan penjualan bisa menggunakan cara SEO.
Namun jika kamu mempunyai modal yang banyak serta ingin cepat-cepat menjual produk lebih banyak, kamu bisa menggunakan cara SEM. Di mana SEM merupakan iklan berbayar yang bisa terus ditampilkan sehingga harus mengeluarkan biaya.
3. SEM Bisa Digunakan untuk Testing sedangkan SEO Tidak Bisa Digunakan Testing
Perbedaan selanjutnya adalah SEM bisa digunakan sebagai testing sedangkan SEO tidak bisa digunakan sebagai testing. Jika kamu menggunakan SEM, maka kamu bisa langsung mematikan atau mengaktifkan iklan yang ada pada SEM. Jadi, cara ini bisa menjadi salah satu cara untuk testing apakah strategi marketing yang sedang dijalankan bagus atau tidak.
Selain itu dengan menggunakan SEM, kamu dapat merevisi judul iklan serta mengganti target audiens atau merubah konten dari landing page atau untuk keperluan testing. Hal tersebut tentu tidak bisa dilakukan pada teknik SEO. Karena teknik SEO membutuhkan waktu terlalu lama untuk mendapatkan hasil dan melihat perbedaannya.
4. SEM Bisa Memilih Target Audiens Sedangkan SEO Tidak
Meski SEO dan SEM bertujuan agar bisa memahami klien atau audiens lebih baik, namun yang hanya bisa memilih target audiens atau klien hanyalah SEM saja. Dengan menggunakan teknik SEM, kamu bisa memilih hasil pencarian yang akan ditampilkan untuk audiens berdasarkan kelompok lokasi, umur dan masih banyak yang lainnya.
Baca Juga: Ciri – Ciri Bad Backlink yang Harus Dihindari dalam SEO
5. SEO Lebih Baik Digunakan untuk Jangka Panjang Dibanding SEM
Jika ingin mencari iklan jangka panjang, maka SEO adalah pilihan terbaik. Pasalnya iklan di SEM hanya bisa aktif selama kamu membayar iklan untuk tampil di pencarian. Sedangkan teknik SEO bisa berkembang seiring waktu dengan hasilnya yang bisa bertahan jauh lebih lama.
6. Potensi CTR SEO Lebih Tinggi Dibandingkan dengan SEM
Berdasarkan studi AWR, terdapat tiga pencarian teratas yang akan mendapatkan Click Through Rate atau CTR terbanyak. Jika teknik SEO yang bisa membuat website berada di posisi teratas, maka kemungkinan besar SEO bisa mengalahkan iklan SEM. Namun jika posisi website berada di luar tiga besar atau berada di halaman kedua, maka kemungkinan besar CTR SEM lah yang akan lebih banyak.
7. Ada Tulisan Iklan Dalam Hasil Pencarian SEM
Perbedaan yang terakhir terletak pada adanya tulisan “iklan” dalam hasil pencarian. Hasil pencarian dari penerapan teknis SEO dan SEM akan berbeda. Jika menggunakan SEM hasil pencariannya akan ada tulisan atau icon “iklan”. Sedangkan hasil pencarian SEO tidak diberi tanda apa pun.
Misalnya saat menuliskan keyword “jual hp” maka akan muncul beberapa hasil pencarian. Di mana hasil pencarian dengan menggunakan teknik SEM ditandai dengan tulisan atau icon “iklan” dan diikuti diikuti dengan link website. Jika menggunakan teknik SEO, maka hasil pencariannya hanya terdapat link web saja tidak diikuti dengan icon atau tanda apa pun.
Persamaan SEO dan SEM yang Penting untuk Diketahui
Selain sama-sama untuk meningkatkan trafic dan sebagai strategi marketing, terdapat juga persamaan SEO dan SEM yang lainnya. Di antaranya baik SEO dan SEM keduanya memerlukan keyword yang tepat. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah keyword yang akan digunakan bisa muncul di mesin pencari atau tidak. Selain itu riset keyword juga penting dilakukan untuk mengetahui apakah ada website kompetitor yang menggunakan keyword sama atau tidak.
Baik teknik SEO atau SEM, keduanya memerlukan pemahaman audiens. Hal tersebut bertujuan agar kamu bisa mengetahui kebutuhan audiens seperti apa. Jika sudah memahami kebutuhan audiens, maka dengan menggunakan teknik SEO atau SEM penjualan produk atau jasa pun bisa cepat.
Persamaan SEO dan SEM yang selanjutnya adalah keduanya sama-sama bertujuan untuk meningkatkan trafic. Seperti yang sudah disebutkan di atas, kedua teknik di atas bertujuan untuk mendapatkan visibilitas di hasil pencarian. Semakin bagus visibilitas suatu website maka akan semakin banyak pula trafic yang akan datang melalui CTR.
Kesimpulan
SEO dan SEM merupakan teknik marketing yang tujuan untuk menaikkan trafic dan penjualan. Meski demikian, keduanya mempunyai perbedaan tersendiri dan mempunyai persamaan. Serta menjadi teknik yang memungkinkan meningkatkan penjualan.
Itulah penjelasan hingga perbedaan SEO dan SEM yang jarang diketahui. Dengan mengetahui perbedaan dan persamaannya, tentu dapat membantu kamu untuk memilih teknik mana yang akan digunakan untuk menaikkan hasil penjualanmu.
Bagi yang masih bingung atau ingin menggunakan jasa SEO dan SEM tak perlu pusing lagi. Kamu bisa menggunakan jasa SEO, jasa Meta Ads maupun jasa iklan Google Ads dari Lantarandigital.co.id untuk menaikkan penjualanmu. Kami siap membantu website mu berkembang dan menghasilkan penjualan yang banyak.
Dengan menggunakan jasa kami, kamu tidak perlu pusing lagi bagaimana memikirkan web berkembang. Pasalnya kami akan membantu websitemu berkembang dan mendapatkan trafic besar serta penjualan yang meningkat pesat.